Bilbao di Spanyol: Museum Keren, Gedung Antik & Kuliner Top

Briliant A Prabowo – d’Traveler – Senin, 07/07/2014 11:22:00 WIB

detikTravel Community –

Bilbao, ibukota Basque di Spanyol menawarkan beragam wisata dari religi, arsitektur kuno dan kuliner nan lezat. Bilbao merupakan salah satu wilayah eksotis yang dimiliki Spanyol bagian utara.

Apa yang terpikir ketika anda ingin mengunjungi Spanyol? Pastinya yang pertama terlintas adalah Barcelona dan Madrid. Beragam wisata budaya, arsitektur, maupun olahraga memang menjadi daya tarik tersendiri bagi kedua kota tersebut. Namun Spanyol tidak hanya Barcelona dan Madrid saja, kali ini kita coba menjelajahi Bilbao dan wilayah Basque, yang terletak di utara Spanyol.

Bilbao menawarkan situasi wisata yang cukup berbeda. Wisata arsitektur menjadi daya tarik utama, dengan kombinasi antara arsitektur klasik dan kontemporer. Selain itu makanan tradisional Basque yang cukup unik tentu menggugah selera wisatawan yang berkunjung. Tak lupa wisata religi yang bisa menjadi alternatif untuk berkunjung ke wilayah ini.

Bilbao terkenal memiliki iklim yang nyaman, cukup sejuk saat musim dingin dan tidak terlalu panas pada saat musim panas. Kota ini bisa diakses dengan mudah dari Madrid dengan bus yang cukup nyaman dari Stasiun Avenida de America sepanjang hari selama 24 jam, dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam. Sedangkan penerbangan international ke Bilbao, bisa ditempuh dari dan ke berbagai kota Eropa seperti Frankfurt, Munich, Paris, Amsterdam, Brussels, atau Dublin.

Destinasi wisata wajib ke Bilbao adalah Guggenheim Bilbao Museo, yaitu sebuah museum dengan arsitektur kontemporer karya Frank Gehry. Lokasinya di tepi sungai Nervion, museum ini sekaligus menjadi ikon utama kota Bilbao saat ini.

1

2

Pengunjung bisa menikmati keistimewaan museum ini dengan berjalan kaki, bersepeda, jogging, bahkan dengan bermain kayak ataupun kano di sepanjang sungai Nervion. Kehangatan kehidupan penduduk Bilbao bisa anda rasakan di sepanjang sungai, menjadi tempat publik bagi masyarakat yang menikmati waktunya dengan berolahraga, duduk, membaca, ataupun bercengkerama.

Setelah puas menjelajahi wilayah museum Guggenheim, jangan lewatkan keistimewaan suasana kota tua Casco Viejo. Wilayah ini bisa diakses 10 menit dengan berjalan kaki dari museum, atau 5 menit dengan tram. Gang-gang yang hanya cukup dilewati sebuah mobil, menawarkan suasana Bilbao yang spesial, terutama resto yang menjual minuman dan pinchos, makanan khas Basque.3

Jika cukup berani gurita panggang ala Bilbao bisa menjadi pilihan istimewa bagi para wisatawan. Di kota tua ini, arsitektur-arsitektur tata kota kuno dan gereja tua bisa anda temukan, seperti St James Cathedral dan Iglesia Cathedral de Santiago.

4

Bagi yang gemar berbelanja, tersedia berbagai toko yang menyajikan berbagai pilihan baik brand lokal maupun brand ternama. Namun pada pukul 20.00 malam, toko-toko ini akan tutup, dan hanya resto makanan dan minuman yang tetap buka sampai tengah malam.

Bagi penggila bola, jangan lewatkan kunjungan ke Estadio San Mames, kandang Athletic Bilbao. Jika wisatawan masih memiliki energi untuk berjalan, stadion ini dapat ditempuh dari pusat kota sekitar 20 menit, atau jika ingin menghemat tenaga, tram bisa menjadi pilihan yang tepat menuju stadion ini. Jersey maupun suvenir Athletic Bilbao bisa menjadi buah tangan yang menarik yang dapat anda beli untuk keluarga dan kolega.

Untuk wisata religi, ada tempat menarik yang dapat dikunjungi dari Bilbao. Ada sebuah desa kecil bernama Loyola (atau Loiola dalam literatur Spanyol), tempat kelahiran Ignatius de Loyola, tokoh Katolik dan pendiri ordo Jesuits yang juga ordo asal Paus Fransiskus. Rumah Ignatius muda masih berdiri di desa kelahirannya dan di sebelahnya dibangun Basilika St Ignatius de Loyola pada abad 17.

5

Namun wilayah ini cukup terpencil memerlukan kesabaran dan ketelitian untuk menuju ke sana, karena sangat jarang penduduk Basque yang mampu berbahasa Inggris. Dari Bilbao, bisa naik bus menuju Eibar (1 jam perjalanan), dan dari terminal Eibar bisa mengambil Bus lain sekitar 30 menit menuju Azpeitia, kota terdekat dari Loyola. Upayakan berangkat sepagi mungkin, karena bus terakhir menuju Azpeitia adalah pukul 14.00.

Apabila ingin kembali ke Bilbao, bus dari Azpeitia ke arah Eibar, hanya sampai tengah hari yaitu pada pukul 19.00 dengan interval setiap 1 jam. Arsitektur basilika, diorama dan kisah hidup St Ignatius jangan sampai terlewatkan untuk didokumentasikan dan tentunya tidak ketinggalan souvenir religi dari Loyola. Jika memiliki banyak waktu luang, retreat dan penginapan bisa menjadi alternative di Loyola, karena wilayahnya yang damai dan terhampar bukit-bukit indah dan sangat tepat untuk menyepi setelah menikmati hiruk pikuk Bilbao.

Original article : Detik Traveler

About briliano
Briliant Adhi Prabowo is a researcher in Electronics Engineering. He received Bachelor Eng. from Soegijapranata Catholic University, Semarang, Indonesia in 2005. In April 2006 he joined PT. Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV) in Transmission Department, and worked on satellite and microwave communication field for broadcasting. In January 2008 he joined Research Center for Informatics, Indonesian Institute of Sciences (LIPI), Bandung, Indonesia, and his research related to Embedded System based linux. Since 2012, he received his Master of Engineering in Center for Computational Microelectronics, Department of Computer Science and Information Engineering Asia University, Taiwan. His master research related to TCAD Engineering (2D and 3D) for power devices reliability, include AlGaN/GaN HEMTs device, bipolar transistor and LDMOS. Currently, he is a Ph.D. candidate at Department of Electronics Engineering, Chang Gung University, Taiwan. His recent research topic related to organic electronic devices, bioelectronics and biosensor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: