Pengalaman Menggunakan Telkomsel Flash di Ubuntu Jaunty Jackpole 9.04

Meskipun sudah kenal linux sejak tahun 2004 bahkan waktu itu Red Hat masih gratisan, namun mulai intensif menggunakan linux sejak 6 bulan terakhir. dan tambatan hati terpilih adalah Ubuntu sejak dikirimi gratis dari website resmi ubuntu cd installernya. bahkan untuk keperluan kantor produk jendela sudah ditendang jauh dari PC di meja kerja saya.

nah tak ketinggalan laptop pribadi juga ditanamkan Ubuntu 9.04 jaunty jackpole.
Sekitar 3 minggu yang lalu, seorang karyawan telkomsel datang ke kantor dan menawarkan telkomsel flash corporate khusus atas nama perusahaan, dengan ongkos 100 ribu perbulan unlimited. gak pake lama langsung daftar sekalian :p
lalu jalan-jalan lah mencari modem 3G yang cocok, yang tentunya bisa jalan di ubuntu 9.04. menurut keterangan dari beberapa pengguna linux, ubuntu sudah bisa deteksi dengan baik modem sierra 885, namun survey di lapak-lapak perkomputeran si penjual gak ada yang berani memastikan sierra 885 jalan di linux. BEUHH…

karena lebih percaya dengan komunitas, tetep gw beli itu modem sierra seharga 575 ribu. sampai di rumah colok di ubuntu 9.04 beneran langsung ke deteksi kok, Tapi….
kok gak nyambung? padahal ada tulisan “Connection Established, Telkomsel” tapi kok firefoxnya gak nemu servernya? wah opo maning kuwi?

akhirnya jalan lagi pake “jendela” yang penting bisa ngenet.
Langsung deh tadi pagi baru sempet bawa laptop ke kantor, biasanya males sih berat. lalu browsing dan menemukan blognya kang akhsan dan menemukan artikelnya di sini aku ikuti itu langkah2nya tapi tetep gak nyambung.

baca lagi dengan teliti nemu tulisan sebelumnya, dan wass.. wus..

hehe.. terima kasih pak akhsan, sekarang bisa blogging dari rumah pake ubuntu.

jadi identifikasi pertama apabila telkomsel flash tidak jalan adalah:
1. periksa edit connection>mobile broadband>pilih providernya>edit>
pada tab mobile broadbannya di sesuaikan dengan profil telkomsel flash. username dikosongkan, password dikosongkan, number *99#, APN internet, dan PIN sesuai PIN kartu.
2. pada tab IPv4 settings, method pilih yang automatic PPP (jangan yang automatic PPP addresses only)

kalau belum bisa coba pake tips wvdial.

makin cinta dah sama linux.

Advertisements

2 Responses to Pengalaman Menggunakan Telkomsel Flash di Ubuntu Jaunty Jackpole 9.04

  1. akhsan says:

    selamat… ya udah bisa konek 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: