Kecepatan Smash Badminton

Demam Thomas di Uber Cup menggelanggang di nusantara. selain sebagai tuan rumah yang tentunya TV official broadcastnya selalu menyiarkan langsung setiap pertandingan indonesia, juga momen Thomas di Uber Cup ini menjadi momentum semangat Seabad Kebangkitan Nasional di 20 Mei 2008 nanti. tak heran tim Thomas dan Uber bertekad merebut kedua piala paling bergengsi di kejuaraan dunia beregu bulutangks tersebut.

Istora selalu penuh sorak-sorai penonton ketika tim merah-putih berlaga, tak peduli lagi kemarin ribut2 pilkada, tak peduli lagi kamu dari partai apa, kamu dari suku mana, agamanya apa, kalangan artis atau pelajar, semuanya hanya satu kata DUKUNG INDONESIA.

tak kalah juga sorak-sorai di warung kopi, di mall, di kantor2, di rumah warga, ataupun di kos2an.

lepas dari semangat yangmembahana mendukung merah putih, ada hal yang membuat saya tertarik dari tayangan televisi “live” pertandingan badminton tersebut. yaitu ketika replay smash, ada hasil pengukuran kecepatan smash para pemain. hal ini tentu sangat menakjubkan, dimana replay hanya berselang beberapa detik setelah kejadian, dan hasil pengukuran kecepatan smash sudah ditampilkan. akuratkah? bagaimana cara mengukurnya?

dari hasil searching di dunia maya, record dunia kecepatan smash di bulutangkis dipegang oleh Fu Haifeng salah seorang pemain ganda China yang berpasangan dengan Cai Yun, record tersebut dilakukannya di Piala Sudirman 3 Juni 2005, dengan kecepatan 332 km/h (206 mph). dan itu merupakan kecepatan tertinggi yang pernah tercatat dari olahraga yang menggunakan raket. dan kecepatan 206 mph adalah lebih cepat daripada kecepatan Kereta Api Eurostar yang kecepatan maksimumnya 186.4 mph.

sedangkan record smash untuk pemain tunggal putra deicetak dengan kecpatan 305 km/h (189 mph) oleh Taufik Hidayat pemain sekaligus selebritis dari Indonesia. bahkan menurut catatan kecepatan backhand smash Taufik mencapai 260 km/h pada waktu berlaga melawan Chen Hong.

masih penasaran dengan metode pengukuran smash tersebut, aku langsung sms teman broadcaster yang sedang bertugas di istora senayan. aku menanyakan bagaimana anak editor bisa menampilkan hasil kecepatan smash dalam waktu beberpa detik setelah kejadian?

dari keterangan dia, ada petugas khusus yang bertugas menembakkan speed gun (atau lebih populer dengan radar gun) yang biasa digunakan untuk mengukur kecepatan bola pada pertandingan baseball.

bagaimana alat ini bekerja?

The Speedgun berkerja dengan K-Band transmitter dimana sinyalnya dapat dipantulkan oleh target objek. Pantulan sinyal akan menghasilkan pergeseran efek dopler yang proporsional pada kecepatan objek. pergeseran frekuensi doppler akan dideteksi oleh receiver, dikuatkan sinyalnya, melewati filter frekuensi, kemudian dikonversi menjadi sinyal digital dengan ADC (Analog to Digital Converter) dan mengalami Digital Signal Processing (DSP) dalam sebuah chip.

*ilustrasi “doppler Shift”

* ilustrasi pantulan gelombang

Dengan menggunakan software algorithma transformasi forrier kompleks, filter chip DSP akan menepis sinyal yang error dan memiliki level rendah untuk mengidentifikasi dan menampilkan kecepatan yang diinginkan dari target. Kecepatan dalam variasi statistik, rata-ratanya kemudian ditampilkan pada display LCD.

bagaimana akurasinya? dari data teknis radar gun bushnell akurasinya +/- 1 mph untuk pengukuran benda bergerak yang posisinya pada gsris lurus menjauhi atau mendekati radar gun. jika pengukurannya dengan sudut tertentu maka akan menghasilkan cosine effect yang membuat toleransi akurasi bertambah besar ketika sudut pengukuran semakin lebar.

pada intinya, secara sederhana, sebuah sinyal memiliki karakteristik seperti gambar berikut

kemudian perbandingan panjang gelombang (wavelength) sinyal pantul dan sinyal pancar, sesuai efek doppler dapat dirumuskan sbb:

dimana,

v : kecepatan yang dicari

Co : kecepatan rambat gelombang (sama dengan kecepatan cahaya 3 x 10E8 m/s)

wavelength ‘ : panjang gelombang sinyal pantul

wavelength o : panjang gelombang sinyal pancar

About briliano
Briliant Adhi Prabowo is a researcher in Electronics Engineering. He received Bachelor Eng. from Soegijapranata Catholic University, Semarang, Indonesia in 2005. In April 2006 he joined PT. Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV) in Transmission Department, and worked on satellite and microwave communication field for broadcasting. In January 2008 he joined Research Center for Informatics, Indonesian Institute of Sciences (LIPI), Bandung, Indonesia, and his research related to Embedded System based linux. Since 2012, he received his Master of Engineering in Center for Computational Microelectronics, Department of Computer Science and Information Engineering Asia University, Taiwan. His master research related to TCAD Engineering (2D and 3D) for power devices reliability, include AlGaN/GaN HEMTs device, bipolar transistor and LDMOS. Currently, he is a Ph.D. candidate at Department of Electronics Engineering, Chang Gung University, Taiwan. His recent research topic related to organic electronic devices, bioelectronics and biosensor.

5 Responses to Kecepatan Smash Badminton

  1. aisar says:

    keren.. aku juga penasaran alat yang dipake ngukur kecepatan smash.. ternyata ini toh😀

    salam kenal!

  2. yosnex says:

    sebelumnya, saya kira pakai laser detector. model infra red atau gelombang elektromagnetik sejenisnya. penembaknya satu sisi dipasang di ujung net kanan, satu lagi disini tiang kiri. saat cock melintas akan melewati barier infra red ini.

    • briliano says:

      jika menggunakan dua buah barrier, maka error ketika smash menukik akan cukup signifikan terhadap kecepatan sebenarnya, dan algoritma perhitungannya apabila menggunakan sudut kemiringan yang berbeda, misalkan 30 derajat atau 60 derajat, maka tentu memerlukan perhitungan yang berbeda. IMO🙂

  3. Monterrey says:

    Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Monterrey.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: