PENGLIHATAN

Di sana di tengah ladang itu, di sisi anak sungai yang mengalir berkilau bagaikan kristal, aku melihat sebuah sangkar burung yang sangat indah, hasil karya pengrajin ahli. Di salah satu sudutnya tergolek seekor burung yang sudah tak bernyawa, dan di sudut yang lain, ada dua buah mangkuk kosong, yang satu tempat makanan, dan yang lain tempat minuman. Aku berdiri di sana sambil merenung, seakan tubuh binatang yang mati itu, dan gemericik air sungai menghadirkan keheningan dan duka yang dalam, sesuatu yang membawa kepada perenungan dan perasan hati serta kesadaran.

Ketika aku mulai tenggelam dalam angan, aku menyadari bahwa burung yang nestapa itu mati karena kehausan di sisi sebuah sungai, dan kelaparan di tengah ladang yang penuh makanan, seperti seorang kaya yang terkunci di gudang harta dan kelaparan diantara keping-keping emasnya.

Di depan mataku, aku melihat sangkar itu tiba-tiba berubah menjadi hati manusia yang berdarah karena luka mendalam, menganga bak bibir perempuan yang merana. Sebuah suara keluar dari luka itu dan berkata, “Akulah hati manusia, tawanan benda-benda dan korban hukum dunia.”
“Di ladang Tuhan yang penuh keindahan, di tepi sungai kehidupan, aku terkurung di dalam sangkar buatan manusia.”

“Diantara makluk ciptaan yang serba indah, aku mati terbuang karena aku tak mampu menikmati kebebasan dan kemurahan Tuhan.”

“Semua keindahan yang telah menghidupkan cintaku dan hasratnya tidak lebih dari aib belaka, menurut pandangan manusia. Segala kebaikan yang kubuat hanya kosong belaka, menurut hukum mereka.”

“Akulah hati manusia yang kalah, terkurung dalam kebodohan kehendak manusia, terbelenggu oleh kekuatan kekuasaan dunia, dan mati dalam ejekan sinis tawa manusia yang lidah-lidahnya terikat dan mata-mata mereka kosong dari tangis.

Semua kata-kata itu aku dengarkan, dan aku lihat mereka bangkit dari hati yang luka itu, banyak lagi yang ia katakan, tapi mataku yang kabur dan jiwaku yang meratap tak mampu lagi menangkapnya


~ Kahlil Gibran ~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: